//
you're reading...
Artikel Kesehatan

Yogurt Membuat Gusi Sehat


Kurang suka yoghurt karena rasanya asam? Mulai sekarang ada baiknya biasakan mengkonsumsi yoghurt tiap hari. Bukan hanya usus dan pencernaan jadi makin baik tetapi juga gusi jadi lebih sehat. Andapun terbebas dari penyakit jantung!

Kabar baik ini untuk pencinta yoghurt. Baik yoghurt cair maupun yang padat. Mau yang rasa alami atau dengan tambahan buah buahan. Semuanya memberi manfaat positif untuk tubuh. Hal inilah yang ditulis oleh D. Milton Stokes, M.S., R.D di majalah Eating Well edisi Agustus lalu.

Hasil riset terbaru membuktikan yoghurt juga sangat baik untuk kesehatan gusi. Riset dilakukan oleh peneliti Jepang yang mengamati 1.000 orang dewasa yang mengkonsumsi yoghurt secara rutin tiap hari dalam jumlah cukup banyak. Mereka ternyata memiliki gusi lebih sehat.

Hasil riset yang dipublikasikan awal tahun ini di The Journal of Periodontology menyebutkan probiotik atau bakteri baik bisa menjaga kesehatan gusi. Probiotik merupakan bakteri hidup yang baisanya terdapat dalam produk fermentasi seperti yoghurt dan kefir (fermentasi susu). Dalam penelitian dibuktikan probiotik sangat baik untuk pencernaan dan daya tahan tubuh.

“Untuk kesehatan gusi belum bisa disebutkan berapa banyak yoghurt dan produk fermentasi lain perlu dikonsumsi tiap hari,” demikian ujar Yoshihiro Shimazaki, D.D.S., Ph.D. dari Kyushu University yang memimpin riset. Namun yang jelas penyakit gigi mempengaruhi 1 dari 3 orang Amerika. Bakteri yang menumpuk di gigi  seperti plak lama-lama membentuk karang dan membuat gusi berdarah. Para peneliti yakin probiotik bisa menghambat pertumbuhan bakteri kurang baik di dalam mulut.

Menjaga kesehatan mulut bukan hanya untuk pergaulan saja. “Jika masalah gusi berdarah dibiarkan, orang akan mudah terserang penyakit jantung,” demikian jelas Mr. Shimazaki. Bakteri yang ada dalam mulut juga gusi akan masuk ke dalam aliran darah dan dapat merusak pembuluh darah arteri yang berakibat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Karena itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi yoghurt tiap hari agar gusi tetap sehat dan jantungpun menjadi sehat pula. Jadi, tingkatkan saja konsumsi yoghurt dalam smoothies atau shakes demi kesehatan Anda!

(Sumber: detik dot com)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: