//
you're reading...
Olah Raga

Premier League 2008/09 Bakal Tayang di TV One (Lebih Menarik Dari Musim Lalu)


Lagu lama kembali berulang. setelah tayangan Premier League sempat hilang dari televisi terestrial Indonesia, seperti tahun lalu ternyata TV One bisa menyiarkan liga utama Inggris tersebut. Mengapa hak siar didapat tidak sejak awal musim? Hasil sebuah permainan para elitkah?

Kecurigaan ini wajar mengemuka karena seakan kondisi sengaja diambangkan pihak All Asia Media Network (AAMN) dan ESPN Star Sports (ESS) sebagai sang penjual hak siar guna memberi waktu pada televisi berbayar AORA untuk memasarkan lebih dulu siaran eksklusifnya di Tanah Air.

Well, kepastian tentang ditayangkannya Premier League 2008/09 di televisi free-to-air Indonesia sendiri mencuat setelah TV One meluncurkan paket siaran tersebut di Plaza Arcadia, Jakarta, Rabu (10/09).

Pada kesempatan itu Direktur Utama TV One, Erick Tohir, enggan mengomentari dugaan miring di atas, apalagi menghubung-hubungkannya dengan keputusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) bulan lalu.

Tim pemeriksa dari KPPU di akhir Agustus menilai perjanjian penjualan hak siar yang dibuat antara AAMN dan ESS tidak melalui mekanisme kompetitif dan transparan sehingga berbau monopoli. Imbasnya KPPU merekomendasikan untuk mengutak-atik perjanjian itu.

So, apakah dilepasnya tayangan gratis Premier League ke TV One semata akal-akalan untuk meredam isu monopoli?

Saya tidak tahu apakah hal-hal itu berkaitan atau tidak. Yang jelas proses menuju pembelian hak siar ini memang berjalan a lot sejak Juni lalu. Kemenangan dalam tender ini tidak lepas dari posisi strategis kami sebagai penyiar Premier League musim lalu,” ujar Erick.

Menurut Erick, TV One menjadi pemegang first option dalam tender, yang melibatkan 8 televisi nasional, karena status diatas.

Saya tidak bisa menyebutkan angka penawaran pertama dari ESS, tapi yang pasti nilainya ‘sangat baik.’ Menyikapi ini kami pun minta agar kualitas siaran langsung yang mereka tawarkan diperbaiki, harus melibatkan klub-klub besar,” tambahnya.

Pengiklan gembira

Usaha TV One membuahkan hasil. Dalam praktiknya nanti, siaran Premier League akan ditayangkan setiap Sabtu. Nah, dalam tiap bulannya, TV One mendapat jatah 2 pertandingan yang melibatkan klub besar semodel Man. United, Chelsea, Arsenal, dan Liverpool.

Perkembangan ini disambut gembira para calon pengiklan seperti Djarum, Pertamina, dan Honda. Prediksi naiknya rating siaran, dibanding musim lalu, otomatis membuat posisi tawar TV One pada para calon sponsor menjadi lebih tinggi.

Negosiasi mereke belum tuntas, tapi para penikmat sepakbola sudah dipastikan mendapatkan tayangan yang lebih menarik di musim ini. Konon menurut sumber yang dapat dipercaya, paket siaran yang laris manis bak kacang goreng ada di kisaran harga 2-2,5 juta dollar AS (Rp. 18,8-23,6 miliar).

Premier League di TV One

Tgl

Siaran Langsung

Siaran Tunda

13/09

Portsmouth vs Middlesbrough Balckburn vs Arsenal

20/09

West Ham vs Newcastle Liverpool vs Stoke

27/09

Stoke vs Chelsea Man. United vs. Bolton

04/10

Chelsea vs Aston Villa Man. City vs Liverpool

18/10

Liverpool vs Wigan Arsenal vs Everton

25/10

Portsmouth vs Fulham Man. United vs Stoke

01/11

Chelsea vs Sunderland Man. United vs Hull

08/11

Man. City vs Tottenham West Ham vs Everton

15/11

Arsenal vs Aston Villa Man. United vs Stoke

22/11

Man. City vs Arsenal Chelsea vs Newcastle

29/11

Middlesbrough vs Newcastle Tottenham vs Everton

Ket: Jadwal 11 pekan pertama penyiaran Premier League 2008/09 di TV One ini disusun per 4 Spetember dan masih bisa berubah seiring pergeseran jadwal jam pertandingan di Inggris. Jadwal berikut akan ditentukan pada awal November.

(Sumber: Tabloid Bola)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: