//
you're reading...
Artikel Kesehatan

Terapi Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol


Selain dengan terapi obat atau suplemen, untuk menurunkan kolesterol juga bisa dengan terapi makanan. Meningkatkan konsumsi serat makanan, makanan kedelai, dan senyawa tumbuhan serupakolesterol: plant stanol dan sterol, dapat secara bermakna menurunkan kolesterol jahat LDL.

Phytosterols

Phytosterols (plant sterol dan stanol ester), adalah senyawa yang ditemukan dalam jumlah kecil di dalam makanan seperti padi-padian utuh dan di dalam berbagai sayuran, buah, dan minyak sayur. Berkhasiat menurunkan kolesterol jahat LDL, sebagian besar dengan menghambat absorpsi kolesterol pada usus halus.

Serat makanan, kedelai, dan phytosterols menurunkan kadar kolesterol dengan mekanisme yang berbeda. Karena it, menggabungkan intake makanan-makanan ini dengan senyawa tumbuhan lainnya, disertai dengan intake rendah lemak-lemak jenuh, lebih efektif menurunkan kadar kolesterol dibanding makan senyawa-senyawa ini secara tersendiri.

Menambahkan makanan kaya asam lemak omega-3 ke dalam susunan menu juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Dapatkan paling sedikit 2 saji ikan berlemak seperti salmon, mackerel, herring, tuna dan sardine per minggu. Sumber makanan asam lemak omega-3 yang lainnya adalh flax seed dan walnut.

Kedelai

Kedelai menunjukkan mencegah penyakit jantung koroner dengan menurunkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida. Protein kedelai terdapat di dalah tahu, tempe, susu kedelai, yogurt kedelai, edamame, kacang kedelai, dan berbagai produk lain yang dibuat dari kacang kedelai.

Serat

Hanya makanan tumbuhan (sayuran, buah-buahan, polong-polongan, dan padi padian yang tidak dihaluskan) yang mengandung serat makanan. Serat larut ditemukan dalam makanan seperti oat bran, barley, psyllium seeds, flax seed meal, apel, buah-buah sitrus, lentil, dan kacang-kacangan (bean), yang terutama efektif menurunkan kolesterol.

Asam lemak omega-3

Asam lemak essensial berefek baik pada kolesterol. Sumber suplemen antara lain kapsul minyak ikan dan minyak flax seed. Asam lemak omega 3 menurunkan kecepatan liver memproduksi VLDL kolesterol dan trigliserida yang berkhasiat anti-inflammatory pada tubuh, menurunkan pertimbuhan plak di dalam arteri,dan mengencerkan darah. Jika ingin mengkonsumsi asam lemak omega-3 bicarakan dulu dengan dokter Anda apakah suplemen asam lemak omega-3 cocok untuk anda, terutama jika anda juga minum obak pengencer darah.

Hindari partially hydrogenated dan minyak sayur hydrogenated. Minyak buatan manusia ini adalah sumber asam lemak trans yang dikenal dapat menaikkan kolesterol LDL penyumbat arteri. Menurunkan kolesterol baik HDL pelindung jantung dan meningkatkan respons inflammatory di dalam tubuh. Anda dapat menemukan lemak-lemak trans pada daftar panel nutri di kemasan. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak trans.
(Sumber: Tabloid Aura)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: