//
you're reading...
Tips Ponsel

Cara Menyulap Kamera Ponsel Jadi CCTV


Anda ingin meilhat apa yang sedang rekan kerja anda lakukan saat berada di kantor? Atau anda ingin mengawasai bayi anda saat anda sedang berada di ruangan kerja? Banyak cara bisa dilakukan, dan perangkat CCTV (Closed Cirkuit Television) atau pun webcam bisa jadi menjadi pilihan pertama.

Tapi seperti kita ketahui, kamera ponsel bisa difungsikan layaknya perangkat webcam ata pun kamera pengintai. Dengan bantuan aplikasi semisal “Argus Remote surveillance” atau “EyeSpyFX”. Hanya saja software tersebut berbayar dan bekerja lewat perantara server penyedia layanan, yang akhirnya ‘memaksa’ pengguna mengakses server tersebut lewat ponsel. Akibatnya pulsa pun bakal terkuras, untuk membayar akses GPRS/3G.

Kini ada cara lain yang mudah, instan dan yang penting tak bikin pulsa ludes. Adalah aplikasi WWIGO (Webcam Wherever I Go), yang mampu menyulap kamera ponsel jadi kamera CCTV hanya lewat koneksi Bluetooth. Jadi jelas tak memakan biaya.

Bahkan anda bisa leluasa merekam hasil monitoring webcam secara langsung ke format video (AVI). Asyiknya lagi, runag penyimpanan klip video di memori PC (harddisk), bukan memori ponsel. Alhasil durasinya bisa sangat panjang, mirip perangkat CCTV sungguhan. Webcam wwigo bisa pula diintegrasikan untuk layanan video chat via Skype, Yahoo Messenger dan Microsoft Live Messenger.

Kekurangan metode ini terkait peletakan ponsel untuk webcam, yang terbatas sesuai jangkauan Bluetooth (+ 10m). Namun, anda bisa menambah radius jelajah Bluetooth dengan mencoba tips modif PULSA edisi 107. Yang pasti, segalanya gratisan. Jadi tak ada salahnya mencoba bukan?

Langkah 1.

Download software ini di http:/www.motvik.com. Anda diwajibkan mendaftar terlebih dahulu. Lalu pilih sesuai ponsel anda (Nokia S60 v2.0 dan S60 v3.0). Download, lalu instal WWIGO di PC. Setelah selesai instalasi di PC, aplikasi ini akan mengirimkan file sis atau sisx ke ponsel untk kemudian diinstal di ponsel.

Langkah 2.

Instal aplikasi sis/sisx terkirim tadi di ponsel anda, kemudian jalankan.

Langkah 3.

Jalankan aplikasi wwigo di PC. Pilih ‘settings’ untuk menetukan lokasi penyimpanan rekaman webcam. Dan ‘wwigo video’, untuk mengakses jendela previewing webcam.

Langkah 4.

Lakukan pairing antara Bluetooth ponsel dan Bluetooth PC/laptop. Caranya, di jendela wwigo ponsel pilih Options >> Connect. Sorot nama Bluetooth PC anda dan pilih ‘Select’. Bilaman kedua Blutooth sudah saling terhubung, tampilan penginderaan kamera ponsel akan langsung tertampil pada mode previewing wwigo di layar pc.

Langkah 5.

Untuk memperbesar tampilan previewing di PC, klik box 2x disisi kanan jendela monitor wwigo. Atau sebelumnya anda bisa menset setingannya di ponsel anda, dengan memilih Option > Settings > Resolution.

Langkah 6.

Bila anda berniat ingin mengawasi sekaligus merekam segala gerak-gerik target maka akseslah mode Recording, dengan mengklik ‘Rec’ di window previewing. Koneksi sementara akan terputus, dan anda harus melakukan koneksi ulang wwigo ponsel. Pilih Option > Reconnect.

Letakkan ponsel kamera ditempat strategis, lokasi dimana ingin anda intai. Jaraknya disesuaikan dengan kemampuan Bluetooth. Pastikan pula sudut pengambilan gambarnya tepat, yang pasti ‘aman’ alias tak terdeteksi keberadaanya.

Nah kini anda bisa memata-matai orang lain yang anda inginkan. Tanpa biaya dan aman.

Webcam WWIGO untuk Chatting

Seperti telah disinggung diatas, wwigo bisa menjembatani kamera ponsel sebagai perangkat webcam untuk chatting. Pada kesempatan kali ini kami mencobanya di layanan Yahoo Messenger (YM), mengingat layanan ini cukup akrab dan popular. Juga memilikipengguna relatif besar.

Langkah simpel yakni:

Login YM and. Set koneksi YM anda pada setingan tanpa firewall, mengingat akses webcam seringkali terblok. Caranya, pada jendela utama YM pilih Messenger > Preference > Connection.

Langkah 2

Klik kontak lawan chatting anda. Di window IM kontak tersebut klik ikon webcam, yang akan memunculkan jendela baru: webcam. Pada jendela webcam itu pilih menu File > Preferences > Camera source. Pilih wwigo sebagai dafault webcam. Kemudian klik Ok. Selesai.

Aksi chatting anda kini tambah asyik dengan dukungan webcam, dari ponsel anda.

(Sumber: Woro Ari Prianto/PULSA)

Discussion

One thought on “Cara Menyulap Kamera Ponsel Jadi CCTV

  1. gimana yaa???
    lagi belajar coba2 deh…

    Posted by dwi | November 2, 2009, 10:34 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: